Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Negara

Penguatan Sinergi Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk Peningkatan Perekonomian dan Keuangan di Kalimantan Selatan

Bbs-news.id, Banjarmasin  -  Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan beserta Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan mengadakan Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Negara bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Asisten Provinsi Kalimantan Selatan, Para Kepala Dinas Provinsi Kalimanatan Selatan, Para Kepala Biro Provinsi Kalimantan Selatan, dan Para Kepala Badan Provinsi Kalimantan Selatan bertempat di Ruang Rapat Hotel Rattan Inn, Rabu (9/3/2022).

Forum Koordinasi ini merupakan bentuk tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya antara Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. 

Forum ini merupakan forum yang bertujuan untuk memperkuat sinergi dan kerja sama antara Kemeterian Keuangan Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga nantinya diharapkan mampu untuk meningkatkan perekonomian dan keuangan regional di Kalimantan Selatan.

Forum Koordinasi Pengelola Keuangan Negara atau FKPKN merupakan wujud implementasi arahan Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Rapat Pimpinan Terbatas Eselon I tanggal 26 Agustus 2021.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah mengatakan “DJPb agar mendesain forum koordinasi untuk mendukung pengembangan pelaksanaaan perekonomian di daerah.” Serta arahan Wakil Menteri Keuangan yang menyatakan bahwa FKPKN harus melibatkan regional economist, akademisi, dan universitas."

Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan juga telah berhasil melakukan sinergi bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, diantaranya Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan berhasil membentuk Tim Monev KUR bersama sesuai dengan arahan Kantor Menko Perekonomian. 

Tak hanya itu, Kanwil DJP Kalselteng juga berhasil melakukan Perjanjian Kerjasama DJP-DJPK-Pemda yang sangat membantu dalam mengoptimalkan pemungutan pajak pusat dan daerah. 

Di pertengahan tahun ini, Kanwil DJKN Kalselteng berharap dapat melakukan kolaborasi Penilaian Aset dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Jika dapat dilakukan dengan optimal, tentunya hasil penilaian akan mendukung penerimaan PAD tahun ini.

Tahun ini Kanwil DJKN Kalselteng merencanakan kegiatan Gebyar Lelang UMKM dan diharapkan para pelaku UMKM   di Kalimantan Selatan dapat turut serta, karena platform ini merupakan platform yang sangat menguntungkan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan sangat menyambut baik kolaborasi yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Kalimantan Selatan untuk membantu meningkatkan perekonomian Bumi Banua. 

Katanya, kunci peningkatan perekonomian suatu daerah adalah bukalah karpet merah untuk peluang investasi yang ada. Semakin banyak investasi yang masuk, semakin terbuka peluang lapangan kerja, serta multiplier effect yang lain. 

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah dalam sambutannya, memaparkan rencana aksi yang telah dilakukan pada tahun 2021 maupun yang akan dilaksanakan pada tahun ini sebagai Regional Chief Economist seperti melakukan peningkatan kualitas fiskal regional, pemetaan peluang investasi daerah, percepatan penyerapan APBN, Optimalisasi Penyaluran KUR, dan sebagainya. 

Ketiga Kepala Kanwil Kementerian Keuangan lainnya yang turut memaparkan isu-isu penting pada bidang masing-masing yang memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian di Kalimantan Selatan. 

Diharapkan forum koordinasi pengelolaan keuangan negara ini akan terus berlanjut menjadi diskusi-diskusi tajam antara Pemerintah Daerah dengan Kemeterian Keuangan Kalimantan Selatan yang dapat menemukan peluang ekonomi di Kalimantan Selatan lainnya, sehingga seluruh potensi yang ada di Kalimantan Selatan dapat dimaksimalkan.

Pewarta: Juns
Editor: Andra