Kabid Humas Polda Kalsel Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas dan Kelancaran Ibadah Puasa Ramadan

 Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi ajak masyarakat jaga Kamtibmas di bulan Ramadan (Foto:Humas Polda)

Banjarmasin, bbs-news.id - Bulan Ramadan adalah bulan dimana umat Islam diseluruh dunia melaksanakan Ibadah Puasa, selain itu dibulan yang penuh berkah ini kaum muslim melakukan ibadah lainnya seperti salat Tarawih dan memperbanyak ibadah lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, SIK MH memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk menjauhi tawuran, sahur on the road, balap liar selama bulan suci Ramadan. 

Himbauan tersebut dilakukan guna menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan kelancaran pelaksanaan ibadah puasa.

Masyarakat pun di larang menyalakan kembang api / petasan di dekat tempat ibadah yang sedang melaksanakan ibadah, hal ini untuk mengantisipasi kegiatan yang mengganggu Kamtibmas serta mengganggu kenyamanan bersama di bulan Ramadan.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban di lingkungan sekitar. Hindari tawuran dan kegiatan yang dapat mengganggu keamanan serta kelancaran ibadah puasa," tegasnya, Senin (11/3).

Lebih lanjut, Kabid Humas menekankan pentingnya kerjasama antara aparat kepolisian dan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

"Kami juga siap memberikan penindakan tegas terhadap pelaku kegiatan yang mengganggu ketertiban umum. Namun, kami juga mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi di sekitar mereka," tambahnya.

Selain itu, pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadan guna terciptanya lingkungan yang aman dan tenteram selama menjalankan ibadah puasa.

Pihaknya pun akan melakukan patroli di jam-jam rawan tawuran, sahur on the road, balap liar, maupun menjelang berbuka puasa dan kegiatan lain yang berpotensi mengganggu Kamtibmas.

Kombes Pol Adam Erwindi, menegaskan bahwa keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab bersama. 

"Dengan menjaga kedamaian dan ketertiban di lingkungan sekitar, kita semua dapat merasakan suasana Ramadan yang damai dan penuh berkah," tutupnya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto SH MH, melalui Kabid Humas juga menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriah kepada seluruh masyarakat Kalimantan Selatan.

Eddy/Andra