Galang Dukungan untuk Palestina, Bukti Kedermawanan Masyarakat Tanah Bumbu

BBS-NEWS.ID, BANJARMASIN -  Kepedulian masyarakat Indonesia untuk Palestina kembali mengalir. Terbaru, masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggalang dukungan untuk Palestina sejak pertengahan Mei 2021. 

Aksi penggalangan dana dilaksanakan di beberapa titik di Kabupaten Tanah Bumbu. Yaitu di Kecamatan Pagatan, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Angsana, Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Satui.

Selain dari unsur Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT) Kabupaten Tanah Bumbu, aksi penggalangan dana juga melibatkan berbagai lintas komunitas dan organisasi se Kabupaten Tanah Bumbu. Dari hasil penggalangan dana hingga Minggu (6/6), total dana yang terkumpul sebesar Rp 251 juta. 

Serah terima donasi dilaksanakan di Panggung Utama Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Jumat (25/6) pagi. Disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli dan Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin, serta relawan MRI-ACT Kabupaten Tanah Bumbu dan berbagai lintas komunitas dan organisasi di kabupaten berjuluk Bumi Bersujud.

“Alhamdulillah donasi yang terkumpul sampai dengan tanggal 6 Juni 2021 yaitu sebesar Rp 251 juta. DI mana, dalam aksi solidaritas untuk Palestina ini, juga bersama komunitas se Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu sekitar 50 komunitas. Alhamdulillah di luar ekspektasi,” kata Ketua MRI-ACT Kabupaten Tanah Bumbu, Anjar Sufangat.

Menariknya, tambah Anjar, ada beberapa masyarakat yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, yang justru tergerak hatinya untuk membantu rakyat Palestina. Fenomena ini terjadi saat aksi penggalangan dana untuk Palestina dilaksanakan beberapa waktu lalu.





“Mohon maaf, orang-orang seperti tukang becak, mereka juga tergerak untuk berdonasi. Kedermawanan itu bukan hanya untuk orang-orang berada saja, tetapi ialah orang-orang yang berniat untuk memberikan sebuah donasi untuk saudara-saudara kita,” imbuh Anjar.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli memberikan apresiasi kepada relawan gabungan se Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam rangka memberikan dukungan untuk rakyat Palestina yang mengalami penindasan oleh Zionis Israel.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih. Kegiatan ini memberikan sebuah harapan di mana kegiatan pelaksanaan donasi ini sangat bagus dan ini adalah salah satu untuk cara membantu kepada kemanusiaan, terutama isu kemanusiaan yang terjadi di Palestina,” kata Rusli.

Rusli berharap, hasil penggalangan dana untuk Palestina dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Agar rakyat Palestina yang telah mengalami tekanan oleh Zionis Israel dapat terbantu. “Tentunya dengan harapan, bahwa hasil donasi tersebut betul-betul dapat dimanfaatkan, sesuai dengan tujuan dan harapan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu,” tuntasnya. (AN/Juns)