Jasa Tebang Pohon dan Pengecatan Juga Terdampak Pandemi Covid 19

BBS-NEWS. ID - BANJARMASIN - Menebang pohon tidak semua orang bisa. Demikian juga untuk mengecat rumah maupun bangunan lainnya. Sehingga peluang ini menjadi bagian usaha mandiri, yang salah satunya dilakukan oleh warga jalan Sultan Adam Banjarmasin, Zulkifli. Kepada RRI, dia menyatakan, jasa tebang pohon sudah hampir 1 tahun lebih digelutinya dan untuk jasa pengecatan baru-baru saja, karena katanya ada kawannya yang jadi tukang cat sepi job, "jadi sekalian Ulun bantu," ungkap Zulkifli.

Alasan ketertarikan ini, ungkapnya, berawal dari jualan tapai, madu, kurma,  "Dan sekalian saja ulun lihat peluang. Jual barang ulun gandeng dengan jual jasa. Alhamdulillah ada saja rezekinya," tambah Zulkifli.

Kendala usaha jasa yang ditawarkan ini, menurut Zulkifli, karena jasa tebang pohon tidak seperti jual sembako yang tiap saat bisa laku.

"Jadi gencari iklan saja. Saya siasati dengan semisal ada teman yang kalau ada bisa membawa orang untuk tebang pohon atau cat, saya kasih persen. Ya anggaplah bagi-bagi rezeki," ungkapnya.

Saat pandemi covid 19 saat ini,  Seperti juga usaha yang lainnya, kata Zulkifli, sangat berdampak.

"Mereka yang mau pakai jasa mengecat misalnya menunda dulu, dalam artian urusan perut lebih utama dan upayanya, biar jalan, kami kasih diskon atau potongan harga. Biar sedikit, yang penting ada pemasukan," pungkasnya.(AN/Juns)