Asparnas Kalsel Berupaya Geliatkan Kembali Pengembangan Pariwisata Pasca COVID-19

Bbs-news.id, Banjarmasin - Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kalsel berupaya menggeliatkan kembali pengembangan pariwisata pasca COVID-19.

"Jadi, di tahun ini kami memiliki 3 program dalam melanjutkan program di tahun 2021 lalu," ucap Ketua Asparnas Kalsel, Wellemharto kepada awak media, di Banjarmasin, Selasa (19/4/2022).

Dikatakannya, dari 3 program itu dalam mengembangkan pariwisata di Kalsel diantaranya memberdayakan anak-anak muda milenial sebagai penggerak kepariwisataan, pengembangan wisata di bawah jembatan barito dan membentuk Asparnas di 13 kabupaten/kota.

Program pertama, pihaknya sudah bekerjasama dengan SMK di bidang pariwisata dan Perguruan Tinggi di bidang pariwisata sebagai penggerak kepariwisataan.

"Program kedua, mengembangkan wisata yang berada di bawah jembatan barito. Kemudian, program ketiga membentuk Asparnas di 13 kabupaten/kota dan kita menargetkan 6 atau 7 bisa terbentuk Asparnas di 13 kabupaten/kota," ungkapnya.

Sebagai asosiasi di bawah Kementerian Pariwisata, lanjut Wellemharto, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait, termasuk Dinas Pariwisata (Dispar) untuk melakukan strategi agar pemulihan pariwisata bisa bangkit kembali.

"Tempat pariwisata akan kita bina dengan baik, kita bangkitkan kembali semangat untuk pengembangan destinasi wisata agar bisa menggeliat di Kalsel," tambahnya.

Dijelaskannya, selama ini Asparnas bersama Dispar sudah bersinergi dengan baik dalam mengembangkan pariwisata kedepannya.

"Banyak hal yang sudah dilakukan dalam melakukan pembenahan dan mengembangkan pariwisata agar bisa menggeliat kembali pasca COVID-19," pungkasnya.(Rizkon