Bulan Ramadan Lansia Pun Butuh Perawatan Kesehatan

Posyandu selalu identik dengan layanan buat bayi dan anak balita.Selain timbang badan, di Posyandu anak dan balita pun mendapat layanan kesehatan yang dilakukan para kader dan tim kesehatan.

Kabupaten Banjar, Bbs-news.id - Namun tidak semua posyandu identik dengan anak dan balita. Karena di Kawasan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, terdapat Posyandu untuk orang dewasa atau lansia.  Salah satunya adalah Posyandu  Lansia dan Bindu Sejahtera Kertak Hanyar II, yang berada di Jalan Mahligai, Kertak Hanyar.

Pada Posyandu ini para lansia dapat memeriksakan kesehatannya secara rutin. Tak hanya itu di Posyandu yang diketuai Siti Rusnah, para lansia dilayani langsung Tim Kesehatan Puskesmas Kertak Hanyar dan didamping Kader Posyandu Lansia, mereka pun bisa berkonsultasi kesehatan termasuk cara merawat kulit dan wajah.

“Posyandu Lansia dan Bindu Sejahtera Kertak Hanyar II, salah satu sarana bagi perempuan lanjut usia maupun ibu-ibu lainnya untuk memeriksakan kesehatan di sini. Karena disini ditangani langsung Tim Kesehatan Puskesmas Kertak Hanyar, yang siap melayani penuh para lansia untuk cek kesehatan maupun konsultasi kesehatan,termasuk cara merawat kulit dan wajah biar segar dan kinclong,” ujar Ketua Posyandu Lansia dan Bindu Sejahtera Kertak Hanyar II, Siti Rusnah, kepada awak media, Sabtu (15/03/2023).

Kegiatan rutin tiap bulan sekali ini, para lansia yang kebanyakan ibu-ibu rumah tangga bisa juga memeriksakan kesehatan mulai cek gula darah, asam urat, kolestrol dan lain sebagainya. Di Posyandu ini pula para lansia pun diberikan obat-obatan dan vitamin sesuai kebutuhan.

“Kebetulan saat bulan Ramadan ini, mereka pun mengaku sangat perlu juga menjaga kesehatan dengan baik dan memilih datang ke Posyandu. Karena disini rasa kekeluargaannya cukup tinggi, sehingga para lansia merasa enjoy dan ramai berdiskusi kesehatan. Intinya mereka juga butuh perawatan agar sehat dan bugar, termasuk saat menjalankan ibadah puasa,” terang Siti Rusnah.

Bagi sebagian lansia keberadaan Posyandu yang mulai buka pelayanan sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita, sangat membantu sekali. Karena mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Terlebih pertemuan satu bulan sekali banyak informasi seputar kesehatan yang sangat mereka perlukan.

“Alhamdulillah, kami disini Acil-Acil sangat terbantu sekali dengan adanya Posyandu. Tidak hanya untuk anak dan balita saja, Acil gin ingin jua mendapat layanan kesehatan dengan baik. Terlebih saat berpuasa, kami ingin juga nang kaya urang, fresh dan bugar. Karenanya kami sangat berterima kasih dengan pelayanan dari Tim Kesehatan yang didatangkan bubuhan Posyandu ini, “ kata Acil Rumi, salah satu lansia yang rutin hadir memeriksakan kesehatannya di Posyandu Posyandu Lansia dan Bindu Sejahtera Kertak Hanyar I (Rsnt)