Hindari Kerumunan, Kapolsek Martapura Barat Bagikan Langsung Daging Qurban Ke Rumah Warga


bbs-news.id, Martapura – Lebaran haji atau Idul Adha memberikan suasana berbeda dibandingkan dengan perayaan sebelumnya. Karena hampir dua lebaran masih dalam suasana pandemi covid-19 di mana-mana. Meskipun demikian tidak mengurangi semangat umat muslim dimana-mana melaksanakan ibadah qurban.

Beragam upaya pun dilakukan untuk menciptakan pelaksanaan qurban yang sehat, aman dan bebas dari penularan virus corona ini. Selain menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan ibadah qurban, ternyata  sistem door to door ternyata dinilai aman. Karena secara tidak langsung mencegah kerumunan orang banyak.

Inilah yang dilakukan jajaran Polsek Martapura Barat bersama warga, saat melaksanakan ibadah qurban di halaman Mapolsek Martapura Barat, Rabu (21/07/21) pagi. Polsek Martapura Barat sendiri melaksanakan ibadah qurban dengan menyembelih hewan qurban berupa dua ekor sapi dan satu ekor kambing. Bahkan seorang Kapolsek Martapura Barat, Iptu M.Alhamidie, harus keliling kampung membagikan daging qurban kepada warga. Tentunya saja kehadiran Kapolsek Martapura Barat ini pun sangat mengejurkan warga, karena tidak seperti biasanya pimpinan tertinggi setingkat Polsek menyempatkan diri mengantarkan daging qurban.

“ Assalamualaikum, Selamat siang Bapak Ibu , ini ada daging kurban Polsek Martapura Barat. Mudahan pian-ian Sehat selalu, tetap patuhi protokol kesehatan, di rumah saja dan semoga pandemi segera berakhir,” sapa Kapolsek Martapura Barat ini saat bagikan daging kurban ke rumah warga.

Menurut Hamidhie, pembagian daging kurban secara door to door lebih efektif dilakukan untuk masyarakat. Sebab, tidak hanya mencegah terjadinya penularan Covid-19, tapi juga untuk meminimalisasi risiko terjadinya kerumunan massa. Meskipun Martapura dan Kalsel tidak termasuk daerah yang  mengikuti kebijakan penerapan PPKM darurat, namun upaya pencegahan secara dini mutlak dilakukan.Karena itulah selain memberikan bantuan daging sapi qurban, ia bersama jajaran tetap mengedukasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada warga.

“ Ini salah satu upaya kami mencegah kerumunan saat pembagian daging qurban. Karena suasana sekarang khan masih pandemi, harus kita hindari terjadinya penumpukan massa saat pembagian daging qurban. Lebih efektif dan sehat serta aman langsung dari pintu ke pintu, dengan menggunakan masker dan sarung tangan bersih,” kata Kapolsek Martapura Barat, Iptu M.Alhamidie, di sela-sela kegiatan pelaksanaan ibadah qurban keluarga besar Polsek Martapura Barat.

Agusdian Noor salah seorang warga mengaku dibuat surprise dengan kehadiran Kapolsek bersama jajaran keliling kampung untuk membagikan daging qurban. Ia bersama warga lain sempat pangling, karena tidak menyangka kediaman mereka dikunjungi perwira yang dulunya lama bergelut lama (bertugas )di dunia kejahatan dan kekerasan (Jatanras ).

“ Alhamdulillah kaget juga ada pa Kapolsek ikut membagikan langsung daging qurban. Senang sekali rasanya, semoga beliau dan jajaran selalu disehatkan terus.Terima kasih Pak Kapolsek bersama jajaran kunjungan pian,” ujar Agus terharu. ( Olpah Sari Risanta-AN)