Pasca Hari Raya Idul Adha 1442 H, Lanud Sjamsudin Noor Tetap Menggelar Pelayanan Vaksinasi C-19 Bagi Penumpang Pesawat

bbs-news. Id, Banjarbaru - NI AU. Guna mendukung penumpang pesawat untuk bisa melakukan perjalanan melalui jalur transportasi udara, kini Lanud Sjamsudin Noor kembali melaksanakan kegiatan pemberian vaksin Covid-19 di Rumah Sakit TNI AU Sjamsudin Noor. Jumat (23/07/2021). 

Pemberian vaksin Covid-19 ini ditujukan bagi calon penumpang pesawat sebagai upaya percepatan vaksinasi nasional dan syarat perjalanan pesawat terbang yang merupakan bentuk implementasi perintah Presiden RI Ir. Joko Widodo terkait program vaksinasi nasional serta target nasional dalam rangka percepatan vaksinasi menuju satu juta vaksin sehari. 

Hal tersebut juga sesuai dengan surat edaran nomor 14 tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19, yang mengatur ketentuan bahwa penumpang yang akan berpergian menggunakan pesawat udara wajib memiliki sertifikat vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago menyebutkan, Lanud Sjamsudin Noor hingga saat ini masih selalu proaktif melaksanakan serbuan vaksinasi pada masyarakat dalam membantu pemerintah menuntaskan pelaksanaan vaksin Covid-19. Sejak dicanangkan serbuan vaksin, Lanud Sjamsudin Noor sudah memberikan pelayanan vaksinasi hampir setiap hari dan akan tetap memberikan pelayanan hingga akhir bulan Juli 2021.

Menurutnya, ketentuan calon penumpang pesawat wajib menunjukkan kartu vaksinasi dan surat hasil tes PCR sekaligus juga dapat menjaga dan meningkatkan kepercayaan terhadap sektor transportasi udara agar sektor transportasi udara dapat tetap berkontribusi dalam menjaga konektivitas penerbangan di Indonesia, mendukung perjalanan mendesak masyarakat dan mendukung penanganan Covid-19, karena melalui kewajiban menunjukkan kartu vaksinasi dan tes PCR, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap sektor transportasi udara di tengah pandemi juga dapat terjaga dan meningkat.

Lanud Sjamsudin Noor akan terus menggencarkan vaksin untuk masyarakat guna menekan dampak dari Covid-19 sebagai langkah cepat dan preventif menyusul terjadinya peningkatan kasus dengan varian-varian terbaru yang membahayakan. TNI Angkatan Udara melalui Lanud Sjamsudin Noor di Kalsel siap bekerja keras menerjunkan tim petugas pemberi vaksin guna membantu melaksanakan pemberian vaksin kepada masyarakat luas termasuk para calon penumpang transportasi darat, laut dan udara sepanjang stok dosis vaksinnya tersedia, bahkan dihimbau kepada masyarakat supaya tidak perlu takut, dan yakin bahwa vaksin ini aman.

Pelaksanan vaksinasi ini dapat terlaksana atas kerjasama Lanud Sjamsudin Noor dengan  Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang telah menyiapkan vaksin, dan dukungan personel vaksinator, maupun personel pendukung untuk menyelenggarakan serbuan vaksin di Lanud Sjamsudin Noor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan yang dianjurkan pemerintah agar dapat segera memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(AN/SR