Ini Himbauan Polda Kalsel Saat Malam Takbiran dan Salat Idul Fitri

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto SH MH saat memberikan keterangan pers (Foto :Humas Polda Kalsel)

Banjarmasin, bbs-news.id - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) dibawah kepemimpinan Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, SH MH menyampaikan himbauan bagi masyarakat khususnya yang akan merayakan Idul Fitri 1445 H agar turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

"Nanti saat melaksanakan Salat Idul Fitri agar dilaksanakan dengan tertib, baik di Masjid maupun di lapangan, namun demikian tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, SIK MH Selasa (9/4).

Terkait pelaksanaan malam takbiran, Kabid Humas juga menghimbau untuk melaksanakannya di Masjid atau tempat-tempat tertentu.

"Laksanakan takbiran dengan baik dan khusyuk, cukup di Masjid atau tempat-tempat tertentu yang sudah disiapkan, sehingga tidak terjadi arak-arakan yang bisa berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas," himbaunya.

Kabid Humas juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan peninjauan ke Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu yang ada diwilayah Kalimantan Selatan. Peninjauan dilakukan untuk melihat sampai sejauh mana pelaksanaan Operasi Ketupat Intan 2024.

"Sekaligus untuk meningkatkan sinergitas Polri dengan seluruh instansi terkait dalam rangka melaksanakan Operasi Ketupat Intan 2024 dan pengamanan Idul Fitri 1443 H," ujarnya.

Selain itu, masyarakat yang sedang mudik atau melakukan perjalanan ke luar kota pun dihimbau agar tetap mematuhi peraturan yang sudah diterapkan.

"Siapkan kendaraan dengan baik, kendalikan emosi, hati-hati di jalan. Sehingga perjalanan bisa lancar, aman, dan sehat," tandas Kabid Humas.

Eddy/Andra